-->

Wednesday, January 24, 2018

Membuat Desain Kubus ala Kardus Tanpa Modus di CorelDRAW

Desain Kubus Mulus

Cara Membuat Desain Kubus di CorelDRAW
- Pada umumnya bentuk bangun ruang seperti kubus sering di aplikasikan untuk packing sebuah produk seperti kardus mie instan, box obat, dll. Selain itu, dipilihnya bangun ruang seperti kubus untuk packing sebuah produk adalah bentuknya simple dan mudah disusun.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat desain kubus di CorelDRAW. mungkin dari segi pengukuran sisi tidak sama, namun dalam artikel ini hanya membahas untuk membuat desain kubus saja agar terlihat 3D atau real.

Kubus juga bisa digunakan sebagai acuan atau dasar dalam pembuatan desain packing produk. Hal ini juga banyak diterapkan oleh beberapa desainer saat di minta untuk membuat sebuah desain packing box, mulai dari sisi kanan, kiri, bawah, dan atas agar desain telihat baik dan enak di pandang dari segala sisi.

Baiklah, langsung saja kita membahas bagaimana cara membuat desain kubus di CorelDRAW dengan memanfaatkan menu pada ToolBox yang ada di CorelDRAW.

Cara Membuat Desain Illustrasi Kubus di CorelDRAW


1. Buka CorelDRAW.
2. Pada menu ToolBox, pilih Rectangle atau tekan F6 pada keyboard.
    Baca juga: Cara Membuat Grafis Kotak di CorelDRAW


3. Klik dan Drag ke dalam layar kerja di CorelDRAW untuk membuat kotak. Tekan tombol "Ctrl" saat klik dan drag, hal ini dimaksudkan untuk membuat kotak atau persegi agar sama sisi.


4. Cari menu Extrude pada ToolBox.


5. Setelah memilih Extrude pada ToolBox, klik dan drag serong ke atas kanan pada objek kotak tadi dan sesuaikan.


6. Kemudian coba beri warna, dalam pembahasan desain kubus ini menggunakan warna yang hampir mirip dengan warna kardus.


7. Untuk memberi kesan seperti aslinya atau terlihat 3D, kita atur warnanya dengan klik kubus, kemudian pilih Extrusion Color yang terdapat di PropertyBar dan pilih Use Color Shading.


Keterangan :
From : Untuk warna pada bagian depan.
To : Untuk warna pada bagian belakang.

Tips :
Gunakan warna belakang sedikit agak gelap daripada warna depan agar object terlihat 3D.

8. Save file atau tekan Ctrl + S untuk menyimpan file.
9. Selesai.

Untuk menyimpan dalam bentuk file gambar JPG, PNG, GIF.
  • Klik File > Export > Pilih Format File > Klik Export
  • Ctrl + E > Pilih Format File > Export
Sekian artikel mengenai cara membuat desain kubus, semoga Anda para pembaca dapat memahami dan mempraktekkannya langsung. Apabila ada yang kurang paham, Anda dapat berkomentar langsung pada kolom komentar dibawah atau bisa mengikuti aktivitas di fanspage dengan cara klik like pada bagian pojok kanan bawah layar Anda.

Advertiser